Optic Atrofi Leber - Ayurvedic Pengobatan Herbal

Optic Atrofi Leber - Ayurvedic Pengobatan Herbal

Atrofi optik Leber adalah suatu kondisi herediter biasanya ditularkan melalui ibu, di mana hilangnya bertahap penglihatan sentral terjadi karena degenerasi sel-sel saraf di retina. Kondisi ini biasanya diamati pada laki-laki dewasa muda. The kehilangan penglihatan dapat berupa akut atau sub-akut, dan biasanya diamati pada satu mata, diikuti beberapa minggu untuk beberapa bulan kemudian oleh mata lainnya. Tidak ada pengobatan khusus untuk kondisi ini dalam sistem modern kedokteran. Manajemen konservatif atrofi optik Leber meliputi pengawasan reguler dan monitoring, dan menghindari penggunaan zat yang dikenal untuk memperburuk kondisi ini. Ini termasuk penggunaan tembakau, alkohol, dan obat-obatan seperti ethambutol dan beberapa obat anti-hipertensi.

Ayurvedic obat-obatan memiliki peran khusus untuk bermain pengelolaan dan pengobatan atrofi optik Leber, karena tidak ada pengobatan khusus untuk kondisi ini dalam sistem modern kedokteran. Pengobatan melibatkan penggunaan dosis tinggi obat herbal yang memiliki tindakan tertentu pada retina, dan yang juga memperkuat saraf optik. Menurut prinsip-prinsip dasar Ayurveda, mata terdiri dari jaringan 'Majja' dalam tubuh dan karenanya, semua obat yang bertindak atas jaringan ini sama-sama berguna dalam pengelolaan kehilangan penglihatan karena atrofi optik Leber. Majja berkaitan erat dengan 'rakta' jaringan dalam tubuh dan karenanya, dengan logika ini, semua obat herbal yang bertindak atas jaringan rakta sama-sama efektif dalam pengelolaan kondisi ini.

Obat-obatan herbal yang memiliki tindakan tertentu pada mata meliputi Saptamrut Loh, Punarnava Mandur, Panchtikta Ghrut Guggulu, Triphala Ghrut, dan Maha Triphala Ghrut. Obat yang memiliki aksi langsung pada retina dan saraf optik termasuk Bruhat Vat Chintamani, Vasant Kusumakar Ras, Pathyadi Qadha, Dashmoolarishta, Saraswatarishta, dan Brahmana Vati. Obat kombinasi herbal serta obat-obatan herbo-mineral yang berguna dalam pengobatan atrofi optik Leber meliputi Maha Manjishtadi Qadha, Saarivadi Vati, Abhrak bhasma, Heerak bhasma, Lohasav, dan Mandur bhasma.

Obat-obatan herbal tunggal yang berguna dalam pengobatan atrofi optik Leber termasuk Manjishtha (Rubia cordifolia), Saariva (Hemidesmus indicus), Haridra (Piper longum), Daruharidra (Berberis aristata), Triphala (Tiga buah), amalaki (Emblica officinalis), Shatavari ( asparagus racemosus), Ashwagandha (Withania somnifera), Usheer (Vetiveria zizanoidis), Bala (Sida cordifolia), Patol (dioica Tricosanthe), Patha (Cissampelos pariera), Musta (Cyperus rotundus), Kutki (Picrorrhiza kurroa), Kutaj (Holharrhina antidysentrica ), dan Guduchi (bratawali),

Perawatan dini dengan obat-obatan herbal Ayurvedic penting dalam rangka untuk membawa tentang pemulihan kemungkinan maksimum dan perbaikan dalam visi. Biasanya, obat-obatan harus diberikan untuk jangka waktu lama mulai dari 12 sampai 18 bulan. Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan kondisi, mencegah degenerasi lebih lanjut dari sel-sel saraf di retina, menstabilkan, dan meningkatkan retina dan saraf optik semaksimal mungkin, sehingga visi yang optimal dapat diselamatkan.

Terapi oral dengan obat-obatan herbal juga dapat dilengkapi dengan terapi lokal yang mencakup prosedur khusus yang dikenal sebagai Akshi Tarpan. Prosedur ini melibatkan retensi herbal, minyak obat dan ghee (mentega) pada mata untuk periode tertentu. Obat tetes mata herbal juga dapat digunakan bersama dengan pengobatan oral. Pengobatan herbal Ayurvedic sehingga memiliki peran yang pasti untuk bermain dalam pengelolaan atrofi optik Leber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar